Saturday 17 August 2013

DIBAWAH SINARNJA PANTJASILA, BERGERAK DI KAKI GUNUNG TJIREMAI



Teruntuk Aki Didi di alam sana, 
serta Keluarga Besar Ibu Yulmini,

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, dan sehubungan dengan titah dari ibunda (Yeti Darmayati) untuk menyebarkan salah satu penginggalan dari Aki Didi (D. Darmasoepena) yang berupa buku tua, berisi catatan, sastra/syair yang menggambarkan perjuangan serta kecintaan beliau pada tanah air Indonesia. Berikut dilampirkan kata pengantar yang sedikit-banyak menggambarkan alasan mengapa beliau menuliskan buku ini, mengapa beliau meninggalkannya untuk kita, dan menyampaikan kecintaannya terhadap bumi pertiwi melalui syair yang berisi pesan untuk bekal kehidupan. Selamat membaca dan DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-68


Cover

Preface

KATA PENGANTAR

     Sebelum menguraikan maksud dan tudjuan beberapa sjair/sastra jang tertjantum dalam buku jang diberi nama "DIBAWAH SINARNJA PANTJASILA, BERGERAK DIBAWAH KAKI GUNUNG TJIREMAI" cq. Tjatatan beberapa peristiwa dalam perjalanan revolusi Bangsa Indonesia, terlebih dahulu dikemukakan berhubung kami ini sebenarnja bukanlah achli seni sastra/sjair, apabila ada kata susunan kata atau kata-katanja jang dianggap tidak baik/kurang sempurna, kepada rekan-rekan sangatlah mengharapkan dan memohon beribu ma'af.
     Merintji isi buku ini sebenarnja tidaklah mempunjai sesuatu maksud tertentu untuk menonjolkan diri untuk kepentingan diri pribadi dsb. nja, tetapi tidak lain hanja karena terdorong oleh arus keinginan dari hati sanubari dan sebagai warga Negara Indonesia, dan Bangsa Indonesia mempunjai tanggung djawab untuk ber ichtiar agar dapat menjumbangkan tenaga dan fikiran jang berguna untuk kepentingan Bangsa dan Negara Republik Indonesia.
     Disamping itu, maksud lainnja untuk dibuat tjatatan bagi keluarga kami dikemudian hari seolah-olah untuk dipergunakan sebagai tjambuk supaja mereka selalu ingat akan derita, djeritan, tangisan, dan pengorbanan baik harta maupun djiwa jang telah dialami oleh Bangsa Indonesia dalam mentjapai KEMERDEKAAN djangan sampai melupakan dan supaja menghargai djasa-djasa PEMIMPIN BESAR REVOLUSI BUNG KARNO chususnja dan kepada para PERINTIS KEMERDEKAAN umumja baik jang masih ada maupun jang telah kembali ke alam baka.
     Adapun sengadja ditambah kata pengantar ini, maksudnja adalah apabila buku tjatatan ini dibatja oleh bukan keluarga kami djangan sampai menimbulkan sak wasangka jang tidak-tidak jang tidak dikehendaki.


        Wassalam
        Pemerintji



(D. Darmasoepena KDS)


*KDS: KHO DJIEN SWAN
Bekas anggota staf TIDAR dalam angg. TNI. Bat.I./XIII/Div.IV.Siliwangi


PAGE 1

PANTJASILA

P.   Pelbagai manusia di alam dunia
A.   Akan hidup bahagia dan sempurna
N.   Namun sampai kiamat pun djuga
T.    Tjinta saja pada sesama manusia
J.    Jakin tuhan selalu melindunginja
A.    Apalagi pada sesama bangsa
S.    Social keadilan selalu lakukan
I.     Imanlah kepada tuhan djauhkan kedurhakaan
L.    Lenjapkan mentjari kepentingan perseorangan
A.    Ambilah patokan kedaulatan Ra'jat jang  menudju kesempurnaan dan keperdamaian

Untuk memudahkan buku tersebut telah dibuat dalam versi online yang dapat diakses melalui link berikut: Dibawah Sinarnja Pantjasila, Bergerak Dibawah Kaki Gunung Tjiremai (click)

Sederhana dalam kata, sarat arti dan makna. Akhir kata, semoga darah pejuang ini terus mengalir dalam tiap denyut nadi kami, sebagai cambuk untuk berkaca diri, tuk ikut ambil andil dalam membangun negeri, untuk bumi pertiwi. INDONESIA BISA.

Cucumu,



Gwyn Walesa




No comments:

Post a Comment